Strategi Meningkatkan Omset

Menggunakan sosial media untuk menjual sesuatu adalah cara pemasaran paling baru dan efisien untuk meningkatkan omset penjualan bisnis anda. Dengan menggunakan platform seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya, anda dapat menjangkau lebih banyak orang dan membangun hubungan dengan target pembeli. Hubungan baik yang terjalin akan meningkatkan omset dari bisnis anda.

Berikut beberapa strategi yang dapat anda mainkan untuk menaikkan omset bisnis :

1. Dapatkan Lebih Banyak Review

Pembeli yang puas akan menarik pembeli lainnya. Konsep ini merupakan konsep lama yang dapat diperkuat lagi dengan sosial media.

Ketika orang-orang mendengar tentang bisnis anda secara online, mereka akan mencari tahu tentang reputasi produk anda diantara pembeli sebelumnya. Karena itu, anda harus mengupayakan agar orang-orang melihat review baik dari pembeli yang puas.

Bisa dengan membagikan ulang kiriman review dan mengumpulkan review tersebut dalam satu halaman di website atau menjadikan review tersebut highlight di Instagram.

2. Jadilah Pembicaraan

Strategi pemasaran “mulut ke mulut” masih merupakan strategi jitu untuk mendapatkan pembeli. Buatlah sebuah kesempatan dimana produk dan bisnis anda menjadi bahan pembicaraan.

Misalnya dengan mengadakan acara perkumpulan dengan mengundang massa atau influencer. Atau dengan berpartisipasi menjadi sponsor dalam acara atau proyek komunitas lokal. Hal ini akan membantu anda mendapatkan nama baik diantara audiens yang bahkan belum pernah

3. Dapatkan Fans Loyal

Memiliki fans loyal tentu berdampak baik pada penjualan dan nama baik bisnis. Secara alami, bina hubungan baik dengan orang-orang yang tertarik dengan brand anda. Buatlah komunitas online yang mewadahi fans loyal tersebut.

Jangan ragu untuk memberikan reward pada para fans loyal, seperti voucher diskon khusus atau kesempatan mencoba produk terbaru sebelum dirilis.

4. Ubah yang Negatif menjadi Positif

Salah satu bagian yang tidak menyenangkan dari sosial media adalah adanya orang-orang yang ingin menyebarkan hal-hal negatif seperti ujaran kebencian atau kritik tidak berdasar. Meskipun begitu, jangan biarkan orang-orang tersebut pergi begitu saja atau menghapus komentar negative tersebut.

Berikan respon yang baik, tanyakan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki produk atau pengalaman berbelanjanya. Dengan membalas hal negatif dengan sesuatu yang positif, anda dapat mengubah orang-orang tadi menjadi pelanggan anda.

5. Ajak Pelanggan Anda Untuk Mengajak Teman

Di sosial media, pelanggan anda akan bergaul secara virtual dengan orang-orang yang berada di situasi yang sama dengan mereka. Apakah sesama pecinta KPOP, anime, politik, dan lainnya. Anda dapat mempelajari komunitas dan ketertarikan mayoritas pelanggan anda dan menyesuaikan bisnis anda.

Anda dapat pula menawarkan reward bagi pelanggan anda yang mengajak temannya untuk bergabung atau berinteraksi dengan akun anda di sosial media. Secara jangka panjang, strategi ini akan menguntungkan anda dalam mendapatkan omset.

6. Berikan Penawaran Berbatas Waktu

Penjualan dapat ditingkatkan dengan melakukan penawaran terbatas. Hal ini akan mendorong orang-orang yang selama ini ragu-ragu untuk melakukan pembelian produk anda menjadi lebih aktif. Jika anda tidak mendapatkan respon yang diharapkan, lakukan perbaikan pada penawarannya dan coba lagi lain waktu.

Kunci dari meningkatkan omset di sosial media adalah dengan membangun brand yang memiliki nama baik diantara pengguna sosial media tersebut. Teliti bagaimana bisnis lain melakukan promosi dan adaptasi dalam strategi bisnis anda sendiri. Anda harus selalu menyesuaikan strategi pemasaran anda dengan selera pasar yang ada, tidak terpaku dengan cara lama.

Share This
Need Help? Chat with us
Please accept our privacy policy first to start a conversation.