Instagram mengalami pertumbuhan yang amat besar sejak diluncurkan pada tahun 2010. Penggunanya lebih dari 1 miliar dan akan terus bertambah. Masyarakat dunia menyukai Instagram karena platform ini menitikberatkan visual sebagai kunci. Jika sudah membuka Instagram, bakal lupa waktu karena banyaknya konten yang menarik disajikan.
Banyak perusahaan dan brand yang berlomba-lomba untuk menguasai pertumbuhan luar biasa dari platform ini. Jika anda memiliki usaha, namun belum mulai memasarkannya lewat Instagram, maka anda sudah ketinggalan banyak sekali kesempatan.
Mau tahu apa saja keuntungan yang anda lewatkan dari Instagram marketing?
1. Tingkat Engagement yang Tinggi
Konten visual seperti foto dan video lebih mengundang ketertarikan daripada teks saja. Penelitian menunjukkan bahwa Instagram memiliki engagement lebih tinggi daripada sosial media lainnya seperti Facebook, Pinterest, dan Twitter. Ketika anda telah membangun komunitas yang solid di Instagram, maka anda dapat lebih mudah menjual sesuatu pada mereka.
2. Fitur Instagram Shopping Memperlancar Penjualan
Instagram meluncurkan fitur Instagram Shopping pada tahun 2018. Sejak saat itu, makin banyak perusahaan yang menggunakannya untuk menjual produk. Fitur ini memungkinkan label harga muncul ketika foto diketuk. Seperti mengunjungi e-commerce namun dalam sosial media.
Pengguna yang tertarik dapat membeli produk yang dijual dengan mudah karena dibagian bawah foto ada tombol ‘shop now’ yang akan mengantarkan pengguna ke website khusus perusahaan. Penggunaannya yang sangat mudah ini efisien untuk mendatangkan penjualan usaha anda.
3. Fitur Stories Membuat Usaha Lebih Dekat dengan Pengguna
Fitur stories adalah fitur yang paling dicintai pengguna pada saat ini. Kemampuan untuk memposting sesuatu yang hanya tampak 24 jam saja membuat pengguna lebih leluasa membagikan keseharian tanpa takut melakukan spam terhadap pengikut mereka. Fitur ini juga bisa diadaptasi perusahaan untuk menaikkan impresi lewat story yang real-time.
Perusahaan dapat menunjukkan cerita dibalik layar seperti bagaimana produk dibuat, video karyawan perushaan berinteraksi satu dengan yang lain, atau sesuatu yang simple seperti sesi tanya jawab. Perusahaan akan terlihat lebih humanis dan dapat meraih lebih banyak pengguna untuk bergabung ke komunitas.
4. Dapat Berkerjasama dengan Influencer
Influencer dapat meningkatkan penjualan perusahaan dengan mengenalkan brand anda pada demografik pengguna spesifik yang belum tersentuh oleh akun perusahaan. Hal ini disebabkan oleh psikologis pengguna zaman now yang lebih percaya dengan omongan seseorang dibandingkan perusahaan. Apalagi jika influencer yang diajak berkerjasama adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar, anda dapat meraih engagement yang lebih besar lagi.
5. Hastag Meningkatkan Visibilitas Perusahaan
Hastag adalah kata kunci khusus yang merangkum apa yang ingin disampaikan postingan anda. Anda dapat menggunakannya untuk memperluas jangkauan pengguna yang ingin anda raih, sekaligus memberi tanda spesifik hanya untuk komunitas anda. Keduanya bisa anda capai dengan menambahkan beberapa hastag pada caption.
6. Membebaskan Penggunanya untuk Kreatif
Instagram punya banyak fitur yang bisa digunakan dalam menyampaikan pesan. Dapat melalui feed, story atau bahkan IGTV, yang memungkinkan pengguna mengunggah video berdurasi lebih dari 60 menit. Pengguna juga dapat melakukan siaran langsung yang dapat ditonton banyak orang.
Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk menampilkan pada public bahwa brand anda memiliki ciri khas. Konten produk dapat dikombinasikan dengan giveaway, video interaktif, testimoni dan lainnya sehingga tidak terbatas dengan menampilkan produk dalam rak.
7. Bisnis Apapun Dapat Eksis di Instagram
Dengan banyaknya pengguna di Instagram, ada banyak sekali kesempatan untuk bisa meraih pelanggan. Perusahaan besar sampai usaha kecil-kecilan yang baru dirintis dapat eksis diantara komunitasnya masing-masing. Hal ini tentu saja harus didukung oleh usaha penggunanya untuk menyajikan konten yang menarik dan rutin.
8. Platform Terbaik Untuk Mendapatkan Insight dan Feedback
Instagram mengumpulkan data interaksi yang tercipta pada setiap postingan dan memberikannya pada para penggunanya. Hal ini sangat praktis untuk meriset kekurangan dan kelebihan promosi yang telah dilakukan, serta untuk melakukan perbaikan kedepannya.
Selain itu, Instagram juga merupakan tempat yang ideal untuk mendapatkan feedback. Pengguna yang memposting foto atau video tentang produk anda merupakan aset yang dapat anda gunakan.